MENGAJAK ANAK MELAYANI GEREJA SEJAK DINI

ROMO PETRUS

SDK Mater Dei Pamulang mendapat kesempatan untuk bertugas paduan suara dalam misa yang diselenggarakan di Gereja Santo Barnabas, Paroki Pamulang pada hari Minggu tanggal 10 September 2023 pukul 10.00. mengadakan acara misa yang dimulai pada pukul 10.00 WIB. Untuk mempersiapkan tugas koor tersebut Kelompok Paduan suara gereja mengadakan beberapa kali latihan di sekolah. Koor SDK Mater Dei akan diiringi oleh kelompok kolintang. 

Pada hari Minggu (10/9/2023) sekitar pukul 8.30 anak-anak sudah siap di gereja, meski tugas koor masih cukup lama. Anak-anak berkumpul di lapangan parkir motor gedung bawah Gereja Santo Barnabas. Di lapangan parkir tersebut sudah disiapkan panggung yang akan digunakan untuk penampilan anak-anak. Begitu umat yang mengikuti misa pukul 08.00 selesai yaitu sekitar pukul 09.15, anak-anak langsung menampilkan flashmob jingle Mater Dei. Semua anak SDK Mater Dei yang sudah hadir di gereja pun ikut dalam penampilan flashmob jingle Mater Dei. Umat dan orang tua murid berbaur menyaksikan anak- anak yang tampil. Cukup meriah dan sangat menarik penampilan mereka. Acara kemudian dilanjutkan untuk dengan penampilan paduan suara dari ekskul paduan suara kelas 1 dan 2. Anak-anak binvok menampilkan beberapa lagu. di tengah tengah kemeriahan acara sebelum misa pukul 10.00, Ibu budi selaku MC juga menjelaskan mengenai anak-anak yang tampil sekaligus juga mengundang umat dan orang tua murid untuk hadir dalam acara open house Mater Dei yang akan dilaksanakan pada tanggal 3 Oktober 2023 mendatang. Setelah penampilan tahap pertama selesai anak-anak kemudian diajak masuk ke gereja untuk bertugas misa, sedangkan anak- anak yang tidak bertugas mengikuti misa sesuai dengan arahan guru pendamping.

Misa Minggu Biasa XIII pukul 10.00 WIB di Gereja Santo Barnabas pun segera dimulai. Misa dipersembahkan oleh Romo Petrus Cipto Nugroho SCJ. Suasana yang berbeda dengan misa-misa hari biasa lainnya. dalam misa ini kelompok paduan suara diiringi dengan musik kulintang anak-anak SDK Mater Dei Pamulang. Paduan suara membawakan lagu pembukaan dari Puji Syukur 308 “Padamu Tuhanku” dengan diiringi musik kolintang. Sebagai dirigen paduan suara anak SDK Mater Dei adalah Chieko. Penampilan tugas koor sangatlah bagus dan Indah dengan diiringi alunan organ dan kolintang menjadi lagu lebih merdu. 

Dalam khotbahnya Romo Petrus Cipto Nugroho menyampaikan kita diajak untuk berperilaku seperti Allah Dengan cara melihat seseorang yang berdosa atau bersalah, kita harus mau membantunya dengan cara menegur dengan bijak dan tidak menghakiminya. Romo juga mengajak kelompok paduan suara,  dan umat untuk terlibat dalam menyanyikan lagu sekolah minggu  yang berkaitan dengan isi khotbahnya yaitu lagu berjudul” Hati-hati Gunakan Matamu” Melalui lagu itu kita diingatkan kembali supaya kita hati-hati dalam menggunakan mata kita. Ketika kita melihat orang yang berbuat salah kita tidak mudah bersungut-sungut atau menghakimi apalagi sampai menjatuhkannya.

Misa pukul 10.00 WIB pun telah berakhir. Setelah pengumuman dan berkat kelompok paduan suara menyanyikan lagu penutup”Semua Kembang Bernyanyi “ mengiringi perarakan Romo, misdinar, para petugas menuju panti imam. Sebelum meninggal ruang gereja, para petugas koor dan pemain musik kulintang menyempatkan untuk foto bersama di depan altar. 

Setelah selesai misa, acara di parkiran motor gereja kembali dimulai untuk menampilkan beberapa tampilan di atas panggung. Ibu Budi selaku MC mengajak kembali anak-anak, umat yang telah mengikuti misa pukul 10.00, dan orang tua murid untuk ikut bersama-sama dalam tampilan flashmob. Semua anak, orang tua murid larut dalam kemeriahan acara. Setelah penampilan flashmob ditampilkan lagu solo oleh Joandra yang langsung dilanjutkan dengan penampilan paduan suara anak-anak kelompok ekstrakurikuler dengan diiringi musik angklung. Anak-anak membawakan beberapa lagu secara berturut-turut. Acara juga sangat seru karena selain penampilan anak-anak SDK Mater Dei juga diadakan bazar oleh OMK Santo Barnabas.

Dalam kegiatan tersebut tim jurnalis SDK Mater Dei menyempatkan untuk mewawancarai umat yang hadir dalam misa tersebut. Berikut komentar mereka:Menurut Ibu Indah Sari misa hari ini lain dari biasanya. Suasananya terasa lebih ceria dan meriah karena diiringi oleh alunan Kolintang. Menurut Bapak Donny Rahadian misa Hari Minggu, 10 September 2023 paduan suara hari ini juga terdengar merdu. 

Demikian liputan tim jurnalis SDK Mater Dei dalam kegiatan tugas koor gereja. Semoga SDK Mater Dei dalam kesempatan tugas selanjutkan akan dapat tampil lebih meriah lagi.

Penulis:

Alexandra Alena Wijaya 5A/02 

Andrea Zenabelle Regitta 5D/02

Maria Chieko Dwinda 5C/21

Leave a Reply

Your email address will not be published.