TSBP 4 DAN RASUL AWAM

Rasul Awam

Tim Sinergi Bidang Prioritas 4 (TSBP 4) Paroki Pamulang, salah satu bagian dari tim pelaksana program-program ARDAS KAJ 2022-2008 bagi paroki-paroki di seluruh Keuskupan Agung Jakarta, menyelenggarakan Misa dan Ramah Tamah bagi para Rasul Awam Paroki Pamulang pada hari Minggu, 14 Agustus 2022. Rangkaian acara diawali dengan Perayaan Ekaristi pada jam 10.00 WIB dan dilanjutkan dengan acara Ramah Tamah pada jam 11.30 di Ruang Leo Dehon.

Bagi sebagian umat Katolik, istilah Rasul Awam mungkin sering didengar tapi kurang dipahami artinya. Sejatinya seluruh umat Katolik yang telah menerima berkat Pembaptisan dan Penguatan dan bekerja bagi masyarakat umum adalah orang-orang yang dipanggil sebagai Rasul Awam. Mereka memiliki hak dan kewajiban, baik secara pribadi maupun bersama-sama, untuk berusaha supaya semua manusia di seluruh dunia mengenal dan menerima berita keselamatan Ilahi.

Tugas TSBP 4 disini adalah mengumpulkan dan mendata para Rasul Awam di Paroki Pamulang untuk kemudian diberi pendampingan agar para Rasul Awam memahami dan lebih siap dalam karya pewartaan di tengah masyarakat.

Seksi-seksi yang tergabung dalam Tim Sinergi Bidang Prioritas 4 ini adalah seksi HAAK (Hubungan Antar Agama dan Kemasyarakatan) , SKP (Seksi Keadilan dan Perdamaian), PSE (Seksi Pengembangan Sosial Ekonomi) dan PEKAD (Seksi Pelatihan dan Kaderisasi).

Acara yang dihadiri kurang lebih 30 orang tersebut berlangsung cukup meriah. Dibuka oleh Bapak Paskalis Gabat selaku ketua Seksi HAAK sekaligus koordinator TSBP 4, beliau memaparkan sekilas mengenai seluk beluk TSBP 4 dan Rasul Awam, kemudian dilanjutkan dengan sesi peneguhan oleh Romo Paroki yakni Romo Petrus Cipto Nugroho SCJ. Kemudian peserta diberi kesempatan untuk memperkenalkan diri dan berbagi cerita mengenai suka-duka dalam berkarya. Harapannya dengan acara ini tentunya lingkup sosial pribadi umat Paroki Pamulang dapat lebih luas karena lebih banyak mendapat teman baru sesama Rasul Awam dan secara bersama-sama dengan semangat persatuan, mengemban tugas pewartaan mengikuti teladan Yesus.

Penulis: Dianning Prameswari

Leave a Reply

Your email address will not be published.