DARAH MEMBERI HIDUP DAN SUKACITA

donor

Donor darah merupakan perbuatan manusiawi untuk menebarkan kebaikan  bagi sesama tanpa membedakan ras dan golongan. Donor darah dapat menyelamatkan nyawa manusia.

Wanita Katolik RI Cabang St.Barnabas, bersinergi dengan Seksi Kepemudaan, Seksi Kesehatan , setiap 3 bulan sekali mengadakan aksi donor darah di gereja. Kegiatan Donor darah ini bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Tangerang Selatan.

Dokumentasi : Andy Sutaryono

                                                                      

Sabtu, 13 Agustus 2022, aksi donor darah dilakukan dimulai dari pukul 09.00 dan ditutup pukul.12.00 WIB, di ruang GKP lantai 2.  Sebelum diambil darah, para peserta diwajibkan untuk mengisi formulir, konsultasi, cek tekanan darah, cek HB darah, agar benar-benar dipastikan bahwa pendonor dalam kondisi benar-benar sehat , sehingga darah yang diberikan memenuhi standar kesehatan.

Dokumentasi : Andy Sutaryono

Sebelumnya, para calon donor darah mendaftarkan dulu melalui panitia. Jumlah yang telah mendaftar 72 orang. Dari jumlah tersebut berhasil mengumpulkan 43 kantong darah. Ada yang  tidak lolos donor darah sejumlah 29 orang. Hal ini disebabkan karena tekanan darah tinggi/ minum obat / kurang tidur atau HB darah rendah.                                                       

Menyumbangkan sebagian darah untuk kemudian disalurkan kepada yang membutuhkan akan menjadi sumbangan yang berarti dalam kehidupan sosial bermasyarakat. Kegiatan ini dilakukan secara suka rela oleh seseorang untuk menolong sesama  yang membutuhkan.

Pada saat donor darah berlangsung, Romo Yuswita ikut hadir untuk memberikan dorongan dan semangat kepada panitia , agar perbuatan baik dan kemanusiaan selalu hadir di Paroki Pamulang

Dokumentasi : Irene WB

Sebagai wujud Penghormatan Martabat Manusia, diharapkan semakin banyak umat yang terpanggil untuk aksi donor darah ini. Dengan memberikan sebagian darah untuk sesama membuat hidup dan sukacita.

Penulis : Irene WB

Leave a Reply

Your email address will not be published.